Dalam sebuah pasar terdapat permintaan, penawaran, dan
equilibrium pasar, tujuan pembahasan ini adalah untuk menjelaskan bagaimana
keputusan individu rumah tangga dan perusahaan secara bersama sama, tanpa
perencanaan terpusat atau pengarahan apapun, menjawab tiga pertanyaan dasar:
Apa yang akan diproduksi, bagaimana cara memproduksi, dan siapa yang akan
mendapatkan apa yang di produksi tersebut? Dimulai dengan beberapa definisi.
A. Perusahaan
dan rumah tangga: unit pengambil keputusan dasar
Perusahaan ada apabila seseorang atau
sekelompok orang memutuskan untuk memproduksi suatu barang atau beberapa barang
dengan dengan mengubah masukan (input) –yakni sumber daya
menjadi keluaran (output atau produk yang di jual pasar). Perusahaan
merupakan unit produksi utama di dalam suatu pasar perekonomian, perilaku
perusahaan adalah bersandar pada asumsi bahwa perusahaan mengambil keputusan
untuk memaksimalkan laba.
Wirausahawan adalah orang yang
mengorganisasi, mengelola, dan menganggung resiko perusahaan. Rumah tangga
merupakan unit konsumsi dalam perekonomian, akan tetapi mereka juga di batasi
oleh pendapatan.
B. Pasar
masukan (input) dan pasar keluaran (output): Aliran melingkar
Rumah tangga dan perusahaan
berinteraksi dalam dua jenis pasar utama: pasar produk (atau
keluaran(output)) dan pasar masukan(input atau factor produksi). Untuk
melakukan produksi barang dan jasa, perusahaan membeli sumber daya di pasar
masukan (input) atau pasar factor produksi.
Ada berbagai macam jenis pasar input di antaranya;
1) Pasar tenaga kerja Pasar dimana rumah tangga
menawarkan tenaga kerja untuk mendapatkan upah kepada perusahaan yang
membutuhkan tenaga kerja.
2) Pasar modal Pasar di mana rumah tangga
menawarkan tabungan untuk mendapatkan bunga atau keuntungan di masa mendatang,
kepada perusahaan yang membutuhkan dana atau modal
3) Pasar
lahan Pasar di mana rumah tangga menawarkan lahan atau property lainnya
untuk di pertukarkan dengan penghasilan sewa.
C. Permintaan
dalam pasar produk/keluaran (output)
Keputusan rumah tangga tentang
kuantitas keluaran (output), atau produk tertentu, yang diminta tergantung pada
sejumlah factor:
· Harga
produk
· Pendapatan
konsumen
· Harga
barang substitusi
· Cita
rasa dan selera rumah tangga
· Ekspetasi/harapan
di masa mendatang
1.
perubahan kuantitas yang diminta vs
perubahan permintaan
Perubahan harga suatu produk
mempengaruhi kuantitas yang diminta per periode.
2. Harga
dan kuantitas yang diminta
Semakin
rendah harga semakin tinggi permintaan sebaliknya semakin tinggi harga semakin
rendah permintaan.
3. Penentu
lain dari permintaan rumah tangga
Dari
banyak factor yang mempengaruhi produk tertentu , kita baru mempertimbangkan
hanya harga produk itu sendiri. Ada factor penentu lain, yakni;
· Kekayaan Nilai total dari apa yang dimiliki rumah
tangga dikurangi dengan apa yang terhutang merupakan ukuran persediaan.
· Pendapatan Jumlah seluruh upah, gaji, laba, pembayaran
sewa, dan bentuk pendapatan lain rumah tangga dalam periode waktu tertentu.
· Barang normal jenis barang dimana barang tersebut akan
naik jika pendapatan seseorang naik dan dimana permintaan barang tersebut turun
apabila pendapatan turun.
· Barang inferior jenis barang yang permintaan akan barang
tersebut akan turun bila pendapatan meningkat.
· Barang substitusi jenis barang yang dapat berfungsi
sebagai barang pengganti barang lain jika pendapatan meningkat.
· Barang pelengkap jenis barang yang berfungsi bersama”;
penurunan harga salah satunya akan menurunkan permi9ntaan barang lainnya dan
begitu sebaliknya.
4. Pergeseran
kurva permintaan vs gerakan sepanjang kurva permintaan
Perubahan
yang terjadi atas kurva dikarenakan adanya hubungan baru antara
kuantitas barang yang diminta dengan harga barang tersebut. Pergeseran
ini di hasilkan oleh perubahan kondisi-kondisi awal.
5. Dari
permintaan rumah tangga ke permintaan pasar
Permintaan pasar jumlah semua
kuantitas barang atau jasa tertentu yang diminta per periode oleh seluruh rumah
tangga yang membeli barang atau jasa tersebut di pasar barang dan jasa.
D. Penawaran
di pasar produk/keluaran (output)
1. Harga
dan kuantitas yang di tawarkan
Semakin
tinggi harga semakin tinggi penawaran sebaliknya semakin rendah harga semakin
rendah penawaran.
2. Penentu
lain penawaran perusahaan
Faktor-faktor
lain yang mempengaruhi penawaran mencakup biaya memproduksi produk dan harga
produk-produk terkait.
· Biaya produksi Biaya yang dikeluarkan untuk
memproduksi barang dan jasa. Harga harus melebihi harga produksi agar
mendapatkan laba.
· Harga produk-produk terkait Perusahaan sering bereaksi
terhadap harga produk-produk terkait
3. Pergesaran kurva penawaran v.s.
gerakan sepanjang kurva penawaran
Adalah
sangat penting untuk membedakan antara gerakan sepanjang kurva permintaan dan
kurva penawaran. Kurva permintaan menunjukkan hubungan antrara harga dan
kuantitas yang di minta kurva penawaran menunjukkanhubungan antara harga dan
kuantitas yang di tawarkan. Perubahan harga terwujud pada gerakan sepanjang
kurva. Perubahan-perubahan selera, pendapatan, kekayaan, harapan, atau harga
barang dan jasa lain menyebabkan kurva permintaan bergeser; perubahan-perubahan
biaya, harga masukan (input), teknologi, atau harga barang dan jasa terkait
menyebabkan kurva penawaran bergeser.
4. Dari
penawaran individu ke penawaran pasar
Penawaran pasar jumlah keseluruhan
yang ditawarkan pada setiap periode oleh seluruh produsen produk sejenis.
E. Equilibrium
pasar
Equilibrium suatu kondisi yang muncul saat kuantitas yang diminta
sama.
1. Kelebihan
permintaan
Kondisi
dimana kuantitas yang di minta lebih besar dari kuantitas yang di tawarkan yang
mengakibatkan kenaikan harga.
2. Kelebihan
penawaran
Kondisi
yang muncul saat kuantitas yang di tawarkan melebihi kuantitas yang di minta
pada saat itu yang mengakibatkan penurunan harga.
3. Perubahan
equilibrium
BIla kurva permintaan bergeser, harga, dan
kuantitas equilibrium berubah. Bila terjadi kelebihan penawaran
maka harga turun dan kuantitas penawaran juga akan turun hingga harga naik dan
terjadi titik equilibrium. Begitu juga sebaliknya bila terjadi kelebihan
permintaan maka harga akan naik dan kuantitas barang yang diminta akan
bertambah hingga mencapai titik equilibrium baru.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar